Gaji Mantan Staf Desa Diduga Belum Dibayar, Kadis PMD Gowa : Kalau Ada Haknya Silahkan Diberikan

  • Whatsapp

GOWA, NARASIBARU.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gowa Muhammad Asrul angkat bicara terkait adanya informasi gaji mantan staf desa di Desa Tanakaraeng, Kecamatan Manuju, Gowa tidak dibayarkan.

Muhammad Asrul mengatakan, seharusnya kepala desa bersangkutan bisa membayarkan hak staf desa yang sudah tidak lagi bekerja.

Meskipun kata Asrul, staf desa tersebut diberhentikan atau dipecat tetap harus dibayarkan jika memang masih ada haknya.

“Aturannya kan kalau sudah dipecat tidak bisa lagi terima gaji. Hanya saja perlu dilihat tanggal serta bulan keluarnya itu surat pemecatan. Kalau masih ada haknya, silahkan diberikan,” katanya saat ditemui media, beberapa waktu lalu.

Ia menyebutkan, untuk saat ini semua gaji staf desa dibayarkan melalui rekening masing-masing. Hal ini untuk menghindari adanya pemotongan gaji.

“Kemungkinan ATM dari staf desa yang sudah dipecat ini sudah diblokir. Cuman kita tidak tahu kapan diblokirnya. Jadi, kemungkinan adaji itu gajinya, tapi tidak ditransfer,” ungkapnya.

“Bisa ji itu gajinya tidak dikasi, asalkan gaji mantan staf desa bersangkutan tidak ada yang ambil,” lanjutnya.

Asrul pun menambahkan, jika staf desa yang bersangkutan merasa tidak memperoleh haknya, bisa melaporkan hal tersebut ke Inspektorat. Karena pemeriksa yang nantinya akan mencek itu gaji ditransfer ke rekening siapa.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari narasumber yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, mantan staf desa tersebut telah menerima surat pemecatan sejak tanggal 25 Oktober 2019 lalu.

“Jadi kan harusnya masih ada gaji mantan staf desa ini dibulan September dan Oktober. Tapi hingga saat ini, gaji itu belum diterima,” katanya.

Apalagi kata dia, Pemerintah Desa Tanakaraeng telah melakukan pencairan gaji. Namun, lagi-lagi gaji mantan staf desa tidak diberikan.

“Ini kan jadi pertanyaan, kenapa gaji yang bersangkutan tidak diberikan ? Apa pertimbangan Kepala Desa tidak memberikan gaji ? ,” ujarnya.

Dirinya pun berharap agar pemerintah Desa Tanakaraeng, dalam hal ini Kepala Desa Tanakaraeng bisa memenuhi hak dari mantan staf desa tersebut.

Terpisah Kepala Desa Tanakaraeng H Sampara yang dikonfirmasi, mengatakan telah membayarkan gaji mantan staf desa tersebut.

“Aturannya kalau sudah berhenti tidak bisami lagi di gaji. Tapi sisah gajinya di bulan 9 dan 10 itu sudah saya bayar,” katanya. (**)