Tingkat Kepuasan Masyarakat Gowa Terhadap Kepemimpinan Adnan-Kio Capai 90,7 Persen

  • Whatsapp
Direktur Eksekutif JSI Fajar Tamin saat menyampaikan hasil survei kepuasan masyarakat Gowa

GOWA, NARASIBARU.com – Lembaga survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) merilis hasil survei tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa yakni mencapai 90,7 persen. 

Survei tersebut di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Abd Rauf Malaganni meningkat jika dibandingkan dengan hasil survei di tahun 2019 lalu, sekitar 83,3 persen.

Direktur Eksekutif JSI Fajar Tamin mengatakan, selama JSI melakukan survei baru dua daerah yang meraih tingkat kepuasan diatas 90 persen yakni Kota Bandung dan Kabupaten Gowa.

“90,7 persen tingkat kepuasan masyarakat itu merupakan hasil survei yang kami lakukan pada awal Februari kemarin, dengan hasil ini selama lembaga kami melakukan survei tidak banyak daerah yang bisa meraih tingkat kepuasan diatas 90 persen, bahkan baru dua daerah di Indonesia salah satunya di Kabupaten Gowa. Artinya capaian ini sangat membanggakan bagi Pemkab Gowa, ” ungkapnya disela-sela peringatan empat tahun kepemimpinan Bupati dan Wabup Gowa di Masjid Agung Syekh Yusuf, Senin (17/2) malam.

Hasil survei itu, kata Fajar dilakukan secara tatap muka sebagai bentuk perhatian terhadap perkembangan kepuasan masyarakat di Gowa terhadap kerja-kerja pemerintah. Sedangkan untuk ketidakpuasan masyarakat dari hasil survei tersebut juga menurun 7,2 persen jika dibandikan tahun lalu yang mencapai sekitar 13,1 persen. 

Sementara untuk kepuasan terhadap kinerja Pemkab Gowa, secara umum masyarakat sangat puas dengan penanganan masalah keamanan, pendidikan dan pelayanan publik yang berada diangkat diatas 90 persen. 

“Penanganan keamananan mencapai 92,7 persen, pendidikan 91,6 persen, dan pelayanan publik 90,2 persen. Hal ini menunjukkan kinerja Pemkab Gowa sangat dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Gowa,” tambah Fajar.

Kendati demikian, kedepan beberapa poin penting yang harus menjadi perhatian pemerintah daerah yaitu persoalan kondisi jalan, kelangkaan pupuk pertanian dan banjir. Namun hal ini kata Fajar juga mengalami penurunan sehingga persoalan-persoalan di kabupaten Gowa bisa teratasi. 

“Khusus untuk program kerja yang dijalankan Pemkab Gowa mulai dari pendidikan dan kesehatan gratis, program investasi seperempat abad, peningkatan kapasitas birokrasi pada umumnya angka kepuasan masyarakat diatas 90 persen. Nilai ini yang pertama kali terjadi di Kabupaten Gowa dibandingkan daerah lainnya,” terangnya.

Olehnya melalui survei tersebut, Fajar menyebutkan ditahun ini terjadi peningkatan yang sangat positif dalam artinya aspirasi publik mampu diimplementasikan oleh Pemkab Gowa dan keyakinan publik terhadap bupati dan wabup sangat tinggi berdasarkan hasil survei ini.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, hasil survei yang dilakukan JSI akan menjadi tolak ukur pemerintah. Data tersebut tentunya akan dijadikan referensi untuk peningkatan kinerja kedepan.

Menurut orang nomor satu di Gowa ini, 4 tahun kepemimpinannya bersama Karaeng Kio pihaknya memiliki komitmen yang tinggi untuk mensejahterakan masyarakat Gowa. Terbukti berkat dukungan dan kerjasama telah menghasilkan 102 penghargaan tingkat provinsi hingga nasional.

“Prestasi ini tentunya berkat dukungan, kerjasama, dari masyarakat semuanya mulai dari survei JSI yang meningkat hingga penghargaan yang diterima Pemkab Gowa semuanya tidak lepas dari bantuan kita semua,” pungkasnya.(**)