Soal Pelaksanaan Salat Id, Kakanwil Kemenag Sulsel: Kita Merujuk Imbauan Pemerintah

  • Whatsapp

MAKASSAR, NARASIBARU.com – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan, Anwar Abubakar mengatakan bahwa, pelaksanaan salat idulfitri diadakan dirumah masing-masing.

“Kita merujuk himbauan pemerintah bahwa shalat Ied dilaksanakan dirumah,” kata Anwar, kepada Narasibaru.com, di Makassar, Kamis (21/5).

Kakanwil kemenag prov. Sulsel Anwar Abubakar

Pelaksanaan salat idulfitri tahun 1441H/2020M ini, akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hal itu lantaran kondisi pandemi saat ini yang mengharuskan masyarakat untuk tetap tinggal dirumah dan mengerjakan semuanya dirumah termasuk pelaksanaan salat idulfitri mendatang.

Olehnya itu, kata Anwar, untuk mendukung arahan dari pemerintah maka Kanwil Kemenag Sulsel, pihaknya bersama dengan instansi terkait terus melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait dengan pelaksanaan salat id dirumah.

“Jadi, Melalui (Pemerintah Kabupaten) Pemkab dan Kemenag serta (Majelis Ulama Indonesia) MUI masing-masing dilakukan sosialisasi (ke masyarakat),” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengajak dan menghimbau kepada masyarakat untuk tetap ikut berpartisipasi mendukung pemerintah dalam upaya memutus dan mencegah penyebaran covid 19 dengan tetap menjaga physical distancing atau social distancing.

“Juga memakai pola hidup sehat dan bersih, menghindari kerumunan dan melaksanakan ibadah dirumah. Stay at home,” imbuh Anwar. (Saddam)